18 Maret 2009

Buah Bitanggul, Energi Alternatif dari Papua


Anak-anak Indonesia memang anak-anak yang cerdas dan pandai. Itu bisa dilihat pada Konferensi Energi Nasional Mahasiswa Indonesia yang diadakan di aula timur ITB. Buah Bitanggul yang selama ini hanya tumbuh liar di pesisir pantai Papua, dapat diubah oleh mahasiswa Universitas Cendrawasih menjadi bio-diesel.

Tapi dari tadi apa ada yang tau ya sebenarnya buah bitanggul itu apa ya???

Buah Bitanggul (Upilum) tuh, yang pohonnya sering dipakai orang Papua buat bahan bangunan. Daunnya juga bisa digunakan sebagai obat mata. Buahnya sendiri warnanya hijau, bentuknya bulat padat, dan tidak berbau.

Nah dah taukan apa tuh buah Bitanggul..

Pengolahan 5 buah Bitanggul ini diyakini Marcshell Morrin, mahasiswa Teknik Sipil Universitas Cendrawasih, dapat menghasilkan 25 mL dalam 2 jam.

Kreatifitas civitas academica Universitas Cendrawasih ini timbul karena dorongan ekonomi, di Papua harga solar mencapai Rp. 45rb per liter. Sungguh harga yang sulit untuk dipenuhi masyarakat Papua pada masa seperti sekarang ini.

Marchshell mengungkapkan, penelitian ini baru sebatas penelitian internal Universitas Cendrawasih. Pemerintah provinsi Papua belum mengetahui tentang penelitian buah Bitanggul. Dengan mengikuti pameran energi dan Konferensi Energi Nasional Mahasiswa Indonesia, Marchshell dan peneliti lainnya dapat memperkenalkan kepada publik.

Site : Detik.Com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar