31 Januari 2010

Obat Sakit Gigi ala Nenek Moyang

Sakit gigi merupakan penyakit ringan yang bikin pusing tujuh keliling. Bagaimana tidak, bila sedang sakit gigi kita tidak dapat mengunyah makanan didalam mulut. Bila tersentuh sedikit saja akan terasa sakit sekali. Walaupun sakit gigi merupakan penyakit ringan, namun tidak dapat dianggap remeh. Karena didalam gigi terdapat syaraf-syaraf yang sangan sensitif dan berhubungan dengan otak juga panca indera yang lain. Maka dari itu secepatnya sakit gigi harus diobati.

Di zaman sekarang telah banyak beredar obat-obat pereda rasa sakit yang memiliki kandungan kimia yang membuat kita ketergantungan bila sakit itu datang kembali. Nenek moyang kita telah lama menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan di dapur sebagai obat bila sedang mengalami sakit gigi.

Berikut bahan-bahan alami tersebut:
  1. Es balok, Letakkan es balok diantara ibu jari dan jari telunjuk. Pemijatan nyaman oleh si es balok menyentuh sel-sel syaraf yang terdapat di sekitar ibu jari dan telunjuk. Pemijatan yang dilakukan si es balok langsung ke pusat syaraf, sehingga 60 - 90% rasa sakit yang pembaca rasakan cepat menghilang.
  2. Bawang putih , Siapkan 1 siung bawang putih yang dipotong halus. Kemudian taburkan disekitar rasa sakit yang pembaca rasakan. Bawang putih ini juga baik untuk terapi penguatan struktur tulang gigi.
  3. Bawang merah, Hampir sama dengan "saudaranya", bawang merah juga dapat meredakan rasa sakit. Selain itu enzim yang terdapat didalam bawang merah juga dapat membunuh kuman didalam mulut.
  4. Jeruk nipis, Peras 1 buah jeruk nipis. Kemudian siramkan ketempat yang terasa sakit sesendok demi sesendok setiap 10 menit sekali sampai sari jeruk nipis habis.
  5. Minyak cengkeh, Oleskan minyak cengkeh dengan kapas langsung ketempat rasa sakit.
  6. Garam, Larutkan garam dalam segelas air hangat. Jadikan larutan tersebut sebagai mouthwash. Lakukan sampai tidak terasa sakit lagi.
Walaupun berasal dari bahan-bahan yang mudah didapat di dapur. Namun tidak mengurangi khasiatnya untuk mengurangi rasa sakit pada gigi pembaca. Selamat mencoba.

1 komentar: