30 Agustus 2010

10 Kerugian Akibat Kurang Tidur

Merasa pusing di pagi hari, uring-uringan selama bekerja ataupun dalam melakukan aktivitas?? Mungkin semua itu disebabkan Anda kurang tidur. Jangan menganggap kurang tidur sebagai hal yang sepele, karena kurang tidur dapat menyebabkan terganggunya kehidupan seksual, penampilan, daya ingat, berat badan, dan juga kesehatan Anda.

Berikut 10 macam kerugian akibat dari kurang tidur:

  1. Kecelakaan
  2. Sebuah penelitian yang dilakukan Lembaga Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional Amerika menunjukkan bahwa kelelahan merupakan penyebab 100.000 kecelakaan mobil dan 1.500 kematian selama setahun di AS. Studi yang sama menunjukkan, jika Anda kurang tidur atau memiliki kualitas tidur yang rendah, maka hal itu dapat menyebabkan kecelakaan dan cedera saat bekerja.
  3. Gangguan depresi
  4. Dalam studi tahun 1997, peneliti dari Universitas Pennsylvania melaporkan bahwa orang-orang yang tidur kurang dari 5 jam per hari selama tujuh hari menyebabkan stres, marah, sedih, dan kelelahan mental. Selain itu, kurang tidur dan gangguan tidur dapat menyebabkan gejala depresi. Dalam studi tahun 2007 yang melibatkan 10.000 orang terungkap bahwa pengidap insomnia 5 kali lebih rentan mengalami depresi. Bahkan, insomnia sering menjadi salah satu gejala pertama depresi.
  5. Masalah kesehatan serius
  6. Gangguan tidur dan kurang tidur tahap kronis dapat membawa Anda pada risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, stroke, dan diabetes.
  7. Konsentrasi menurun
  8. Tidur yang baik memainkan peran penting dalam berpikir dan belajar. Kurang tidur dapat memengaruhi banyak hal. Pertama, mengganggu kewaspadaan, konsentrasi, penalaran, dan pemecahan masalah. Hal ini membuat belajar menjadi sulit dan tidak efisien. Kedua, siklus tidur pada malam hari berperan dalam "menguatkan" memori dalam pikiran. Jika tidak cukup tidur, maka Anda tidak akan mampu mengingat apa yang Anda pelajari dan alami selama seharian.
  9. Membuat tubuh melar
  10. Penelitian mengenai hubungan antara tidur dan peptida yang mengatur nafsu makan, menyatakan bahwa Ghrelin merangsang rasa lapar dan leptin memberi sinyal kenyang ke otak dan merangsang nafsu makan. Waktu tidur singkat dikaitkan dengan penurunan leptin dan peningkatan dalam ghrelin. Sehingga Kurang tidur tak hanya merangsang nafsu makan, kurang tidur juga merangsang hasrat menyantap makanan berlemak dan makanan tinggi karbohidrat.
  11. Terganggunya kesehatan kulit
  12. Kebanyakan orang mengalami kulit pucat dan mata bengkak setelah beberapa malam kurang tidur. Keadaan tersebut benar karena kurang tidur yang kronis dapat mengakibatkan kulit kusam, garis-garis halus pada wajah, dan lingkaran hitam di bawah mata.
  13. Meningkatkan resiko kematian
  14. Dalam penelitian Whitehall ke-2, peneliti Inggris menemukan bagaimana pola tidur memengaruhi angka kematian lebih dari 10.000 pegawai sipil Inggris selama dua dekade. Berdasarkan hasil penelitian yang dipublikasikan pada 2007, mereka yang telah tidur kurang dari 5-7 jam sehari mengalami kenaikan risiko kematian akibat berbagai faktor. Bahkan kurang tidur meningkatkan dua kali lipat risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular.
  15. Pelupa
  16. Pada tahun 2009, peneliti dari Amerika dan Perancis menemukan bahwa peristiwa otak yang disebut sharp wave ripples bertanggung jawab menguatkan memori pada otak. Peristiwa ini juga mentransfer informasi dari hipokampus ke neokorteks di otak, tempat kenangan jangka panjang disimpan. Sharp wave ripples kebanyakan terjadi pada saat tidur.
  17. Menurunnya gairah seks
  18. Para ahli melaporkan, kurang tidur pada pria dan wanita menurunkan tingkat libido dan dorongan melakukan hubungan seksual. Hal ini dikarenakan energi terkuras, mengantuk, dan tensi yang meningkat.
  19. Merubah penilaian tentang tidur
  20. Kurang tidur dapat memengaruhi penafsiran tentang peristiwa. Keadaan tubuh yang lemas membuat kita tidak bisa menilai situasi secara akurat dan bijaksana. Anda yang kurang tidur sangat rentan terhadap penilaian buruk ketika sampai pada saat menilai apa yang kurang terhadap sesuatu.
Sumber

2 komentar:

  1. saya udah ngerasain yg no. 1 itu... jadi waspadalah... waspadalah...

    BalasHapus
  2. gimana nih gan
    saya sering kurang tidur,apa solusinya juragan tolong beri penjelasan

    BalasHapus