26 Januari 2009

Tinggi Badan Anak Pengaruhi Kecerdasan


Maklum saja jika kebanyakan ibu-ibu menginginkan anaknya memiliki postur yang tinggi. Sebab tinggi badan seorang anak akan mempengaruhi kecerdasan. Benarkah?

Sebuah penelitian yang dilakukan peneliti dari Universitas Bristol, Inggris, anak yang tubuhnya lebih tinggi memiliki intelegensi yang lebih tinggi pula.

Penelitian tersebut juga mengungkapkan IQ (Intelegent Quotient) berhubungan dengan hormon pertumbuhan.

Penelitian itu didasarkan pada tes yang dilakukan pada 500 anak. Ratusan anak ini menjalani tes IQ dan diukur level IGF-nya (insulin growth factor) dalam darah.

Kemudian, para peneliti menemukan hubungan antara IQ dan level pertumbuhan hormon. Dan, hasil tes menyebutkan, anak yang pertumbuhan hormonnya tinggi memiliki tingkat intelegensi yang lebih baik dibandingkan anak yang memiliki pertumbuhan hormon yang rendah.

Sirkulasi kadar IGF atau hormon pertumbuhan dipengaruhi oleh berbagai faktor. Seperti, pola makan, genetik dan faktor psikologis.

Faktor-faktor itu ternyata memiliki peranan penting dalam berkembangnya organ-organ fisik dan pertumbuhan psikologis pada anak-anak.

Ketua Tim Peneliti Profesor David Gunnel mengatakan, kesehatan anak sejak dalam kandungan juga berpengaruh pada tingkat intelegensinya kelak.

Jika saat dalam kandungan anak sudah mengalami gangguan kesehatan kemungkinan besar, nantinya akan ada permasalahan dalam perkembangan saraf dan pertumbuhan fisiknya.

Banyak fakta yang membuktikan bayi yang lahir dengan berat di bawah normal akan mengalami masalah pertumbuhan. Untuk itu, jika saat hamil perhatikanlah asupan gizi dan vitamin baik untuk janin maupun untuk Anda sendiri

Sumber: VivaNews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar